RSS

Om Google”

24 Aug

Dihadapan sebuah laptop yang telah dilengkapi fasilitas modem unlimited dengan wajah serius jari jemarinya lihai memainkan mouse dan keyboard. Kelihatannya dia tidak mengetik tapi hanya memainkan dua gaya, blok dan control C + control V. Dengan wajah memelas dia berucap “makalahku dicoret-coret oleh steering bahkan ada yang disobek kanda”. Dengan garuk-garuk kepala yang mungkin saja tidak gatal dia beranjak mengambil beberapa buah literatur dari perpustakaan sekertariat, dihempaskannya sambil bernafas panjang…aaahhh. Dia bermaksud memeperbaiki makalah yang telah disusun dengan mencantumkan beberapa referensi didaftar pustaka yang telah dicoret-coret dan pinggir bawah yang tersobek.

Rupanya oleh steering dia diperintahkan memperbaiki kembali makalah yang telah beberapa hari ini dia susun dengan keringat dan air mata bersama om google. Demikian kami menyebutnya “om google” sebagian menyebutnya “google subhana wataala” namun saya lebih senang mengejeknya dengan sebutan “google yang maha tahu”. Pasalnya hampir semua tugas ke makalahan berujung pada tindakan “searching in google” tidak peduli apakah makalah ditugas mata kuliah atau training lanjutan di organisasi mahasiswa yang mengisyaratkan makalah dengan tema yang telah ditentukan sebagai prasyarat kelulusan menjadi peserta, sebagaiamana yang dialami oleh rekan-adinda saya diatas.

Fasilitas dunia maya, hasil revolusi informasi ternyata tak selamanya positif sebagaimana yang didengungkan para pengiklannya. Media televisi kerap kali menayangkan iklan betapa pentingnya internet masuk desa bahkan setiap lembaga pendidikan mecantumkan fasiilitas kemodernannya dengan tulisan “wi-fi gratis” dibrosur promosinya. Sadarkah mereka tentang dampak instant yang mematikan ini? atau apa akalnya telah termakan mentah-mentah oleh propoganda kemajuan yang seolah niscaya?

Siang itu saya membayangkan jutaan orang yang berselancar didunia google akan mendapatkan penjelasan serupa pada kata yang sama. Jika mengetik kata “Tuhan” maka semua orang dibelahan bumi indonesia akan mendapatkan penjelasan serupa tentang Tuhan. Pada skala yang lebih luas kita bisa menggunakan bahasa inggris dan ratusan juta orang didunia akan mendapatkan penjelasan yang serupa. Betapa ini petaka didunia pengetahuan. Kebenaran telah terdefinisikan secara tunggal oleh om google dan hampir dipastikan dampak dari ini adalah kemalasan khususnya mahasiswa untuk menelaah lebih jauh tema-tema tertentu pada literatur buku atau jurnal yang lebih serius.

Fasilitas internet yang tidak disertai kedewasaan sikap yang semestinya menjadi tanggung jawab lembaga pemerintah dan pendidikan dikemudian hari akan berbuah petaka manusia instant. Manusia instant yang struktur pengetahuannya tidak lagi dibangun dari perenungan mendalam terhadap segala hal tapi sesuai keinginan satu perusahaan yang telah menuai untung tak terbatas karena memanfaatkan “kebodohan” manusia. Betapa globalisasi dengan revolusi komunikasinya bukan ladang yang subur untuk menjaga identitas pengetahuan,agama dan budaya yang heterogen.

“Sepanjang kuartal II 2012 Pendapatan Google dari hasil iklan internet meningkat sekitar 35% dan berhasil mendapatkan keuntungan sekitar 12,21 Milyar US Dollar atau sekitar 116 trilyun Rupiah dibandingkan tahun lalu pendapatan tahun ini meningkat” demikian info dari salah satu web hasil searcing saya di GOOGLE YANG MAHA TAHU”. Untuk informasi seperti ini tentu tidak perlu perenungan yang serius.

 
Leave a comment

Posted by on August 24, 2012 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
NUR AMAL

Just another WordPress.com site

Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam

Just another WordPress.com site

Kohati FKG Unhas

Just another WordPress.com site

KOHATI-MAKTIM

Just another WordPress.com site

Kohati Maktim

Just another WordPress.com site

E L E A N O R

Just another WordPress.com site

Rumah Ide...

Just another WordPress.com site

%d bloggers like this: